Panduan Lengkap Persiapan Ibadah Umrah Bersama Keluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 15 Oktober 2024, 09:13:34

Bagi umat muslim, menunaikan ibadah umrah adalah hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yaitu kota Makkah dan Madinah. Anda bisa beribadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri pada Allah, mendapat pahala yang berlipat ganda, memanjatkan doa di tempat yang mustajab, ziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keutamaan yang akan Anda peroleh.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa menunaikannya bersama keluarga tercinta, tentu lebih menggermbirakan. Merasakan beribadah di Baitullah dengan orangtua, suami atau istri, bahkan dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang wajib dikerjakan agar perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Nah, buat Anda yang ingin menunaikan umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah niat untuk beribadah umrah. Tentu, Anda harus berkomunikasi dengan keluarga Anda agar masing-masing meniatkan diri untuk berangkat beribadah umrah. Kesamaan niat ini akan lebih mendekatkan impian Anda untuk bisa beribadah umrah dengan keluarga.

Bayangkan, jika hanya Anda yang berniat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci bukan hanya masalah kesiapan materi, tetapi juga kesiapan mental. Dan Allah hanya ‘mengundang’ hamba-Nya yang sudah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga telah sama-sama memiliki niat untuk beribadah umrah ya!

Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tidak cukup, maka harus diimbangi dengan ikhtiar yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga mendaftar umrah. Apalagi jika yang berangkat dua orang atau lebih, semakin banyak anggota keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dibayarkan juga semakin meningkat. Maka, Anda perlu merencanakan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuat tabungan umrah. Hitung berapa anggaran dana yang diperlukan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk umrah kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dihitung berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda dapat memilih paket-paket umrah keluarga yang bisa menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan jumlah semampu Anda terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda kepada Allah supaya dimampukan untuk menunaikan umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memberikan kemampuan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak mendapat kesempatan pergi umrah?

Menyiapkan Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang turut serta dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat mencari informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro travel umrah yang Anda percaya.

Kenapa Anda perlu menulis dokumen yang diperlukan? Agar Anda tidak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Buatlah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah surat-surat yang diperlukan sudah komplit atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, karena hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang matang akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan tubuh sangatlah penting untuk diperhatikan, sebelum melaksanakan umrah dengan keluarga. Karena sebagian besar aktifitas, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang butuh kondisi fisik yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga membutuhkan tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tak hanya kesehatan diri sendiri, namun setiap anggota keluarga perlu diketahui kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang memiliki riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat diantisipasi oleh anggota keluarga lain yang ikut bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga medis dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat umrah.

Menentukan Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal aktivitas yang berbeda, seperti orangtua yang harus pergi kerja, anak yang masuk sekolah, dan seterusnya maka dibutuhkan pemilihan waktu yang pas untuk menunaikan umrah sekeluarga. Jangan sampai memilih waktu yang bentrok, sehingga kegiatan utama malah terabaikan.

Anda dapat memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak ketika kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji ( agar tidak terlalu ramai) atau ketika bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati agar bisa dijalani oleh semua anggota keluarga.

Persiapkan Barang Bawaan

Nah, jika persiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah ditentukan, saatnya Anda menyempatkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Ketika menyiapkan barang bawaan, pasti semua tampak penting untuk dibawa. Sehingga Anda tidak menyadari bahwa barang bawaan Anda terlalu banyak bahkan melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang disediakan untuk Anda. Pertimbangkan pula bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda butuh ruang jika Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa pulang ke tanah air.

Banyak Berdoa dan Sering Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar impian Anda terwujud untuk bisa berangkat ibadah umrah ke Baitullah bersama keluarga. Tugas Anda terus berusaha, namun Allah yang menentukan apakah Anda layak untuk beribadah di rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak hanya berdoa saja, wujud usaha Anda juga bisa lewat cara sering-sering bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda dalam menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam rangka menjalankan ibadah.

Itu tadi 7 tips persiapan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga dapat memperkuat niat dan menambah semangat Anda dalam menjalankan ibadah ke Baitullah bersama orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id